Sabtu, 30 Januari 2016

FAKTA MENARIK DI BALIK TURUNNYA HUJAN PERTAMA DI BUMI YANG PERLU ANDA TAU!


Dalam beberapa pekan terakhir wilayah Jakarta dan sekitarnya mulai diguyur hujan. Fenomena itu sepertinya menunjukkan bahwa musim penghujan mulai datang. Setiap musim penghujan datang, potensi banjir selalu menghantui.

Apalagi, selain dengan banjir banjir hujan juga sangat kuat korelasinya dengan terjangkitnya beragam penyakit, sehingga masyarakat diimbau untuk waspada.

Namun, siapa sangka di balik turunnya air hujan dari langitterdapat fakta-fakta unik tentang hujan itu sendiri kala pertama kali turun. Berikut fakta menarik tentang turunnya hujan ke bumi sebagaimana ane disitat dari brilio.net :

1. Muncul Petrichor

Petrichor ialah salah satu bau alami yang tercium saat hujan turun membasahi tanah yang kering. Istilah ini berasal dari kosakata Yunani dan dipopulerkan oleh dua ilmuwan Australia bernama Bear dan Thomas pada tahun 1964 silam dalam jurnal ilmiahnya.

2. Membersihkan Udara

Selain membawa kesejukan di muka bumi, air hujan juga memiliki fungsi untuk membersihkan udara. Ya, jika diperhatikan setelah air hujan pertama kali, udara akan menjadi lebih bersih dan segar. Hawa panas ataupun gerah seketika itu pula menyingkir.

3. Rentan Bagi Kesehatan

Ternyata, air hujan yang turun pertama kali sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Tak heran jika para orangtua dulu mengingatkan anaknya agar tidak main hujan-hujanan karena bisa membawa penyakit. Selain tidak baik untuk kesehatan, hujan pertama yang turun juga bisa merusak rambut.

4. Hujan Ternyata Bisa Menghipnotis

Tahukah Anda jika hujan yang turun pertama ternyata memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia. Ya, cara kerjanya yakni dengan meresonansikan ingatan masa lalu. Meski tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, para ilmuwan percaya bahwa di dalam hujan ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu.

5. Berkecepatan Rendah

Air hujan yang pertama kali jatuh ke bumi memiliki kecepatan rendah. Hal itu disebabkan hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan lebih rendah. 

Bayangkan saja bila hujan turun dengan kecepatan tinggi, pasti akan banyak menimbulkan kerusakan di bumi.

6. Bentuk Air Hujan Berubah-ubah

Air hujan ternyata juga bisa berubah bentuk hingga ratusan kali dalam satu detik. Mulai dari air hujan yang turun pertama kali hingga usai. Bentuk yang biasanya terlihat adalah hampir bulat, semakin besar, maka bentuknya semakin ceper.

7. Tetesan Hujan Pertama Terasa Berat

Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari langit pertama kali konon sama dengan benda seberat satu kilogram yang jatuh dari ketinggian 15 centimeter (cm).

8. Membawa Kotor

Hujan selain disanjung karena membawa kesejukan juga kerap digerutui lantaran menyisakan kotor. Ya, jika sebelumnya tanah kering dan berdebu, setelah hujan turun terlebih dengan intensitas lebat, pasti menyisakan genangan dan lumpur di mana-mana. Hal ini tentu akan membuat lingkungan menjadi kotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar