Jumat, 05 Desember 2014

Berapa Ongkos Membunuh Munir?

Berapa persisnya ongkos membunuh Munir Said Thalib? Kolonel Budi Santoso yang menjadi saksi kunci pembunuhan Munir mengatakan dalam pemeriksan, ongkosnya sebesar Rp 14 juta. Budi mengaku meneken surat pencairan anggarannya pada 14 Juni 2004, tiga bulan sebelum kematian Munir. »Sumbernya dari dana taktis bulanan Deputi Penggalangan,” kata Direktur Perencanaan dan Pengendalian Operasi Badan Intelijen Negara kepada penyidik pada Mei 2008.
Pengakuan Budi ini dikonfirmasi oleh A.M Hendropriyono, Kepala BIN 2001-2004. Menurut Hendropriyono, BIN tak pernah membuat laporan operasi-operasi senyap yang mereka lakukan. »Kecuali laporan keuangan,” katanya. Sebab, anggaran operasional diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang mesti dipertanggungjawabkan.
Setelah menerima biaya operasional, Pollycarpus kerap melaporkan apapun kegiatannya kepada Budi Santoso. »Setiap kali mau terbang, ia selalu menelepon saya,” katanya. Pollycapus bekerja di Garuda Indonesia sebagai pilot Airbus A-330. Saat kematian Munir, ia menumpang di GA-974 sebagai personel keamanan internal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar